PIRT ialah izin jaminan usaha minuman atau makanan rumahan. Makanan ini dijual setelah memenuhi standar keamanan makanan atau disebut izin edar produk pangan olahan. Produk ini diproduksi oleh UKM guna dipasarkan secara lokal. Namun olahan tersebut harus mendapatkan izin edar usaha makanan di BPOM.

Izin Edar Usaha Makanan di BPOM, Bagaimana Manfaatnya

Industri rumahan pada bidang makanan merupakan suatu bisnis atau usaha yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok orang yang dilaksanakan di rumah. Caranya ialah dengan mengolah bermacam makanan yang lezat dan pastinya menarik untuk dilihat.

Manfaat yang Didapat dari Usaha Makanan Berbentuk Home Industry

  1. Guna menyalurkan hobi memasak serta mengembangkannya.
  2. Bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.
  3. Membuka peluang pekerjaan khususnya bagi orang lain yang belum memiliki pekerjaan.

Nah, untuk membuka dan mengelola bisnis home industri makanan dapat dilakukan oleh siapa saja. Pastinya mereka yang mempunyai kemampuan memasak dan dapat membuat olahan makanan yang enak dan layak jual. Namun, untuk membuka usaha makanan tersebut haruslah memiliki PIRT atau Pangan Industri Rumah Tangga. Ini bisa kita sebut juga perizinan industri makanan rumahan.

PIRT ialah izin jaminan usaha minuman atau makanan rumahan. Produk ini dijual dan telah memenuhi standar keamanan makanan ataupun izin edar usaha makanan di BPOM guna dipasarkan secara lokal.

Izin PIRT ini hanya diberikan untuk suatu produk pangan olahan tingkat risiko rendah. Caranya dengan menerbitkan nomor PIRT sejumlah 15 digit untuk nomor baru dan 12 digit. Untuk nomor lama dan berlaku selama 5 tahun. Nomor ini dapat diperpanjang untuk minuman maupun makanan yang berdaya tahan di atas 7 hari.

Sedangkan minuman dan makanan yang berdaya tahan di bawah 7 hari termasuk ke dalam golongan Layak Sehat Jasa Boga . Izin PIRT yang hanya berlaku 3 tahun serta dapat diperpanjang. Lama waktu dari pengurusan izin PIRT, sekitar 1 minggu-3 bulan, tergantung pada masing-masing daerah.

Keuntungan dari Pengurusan Izin PIRT

Pengusaha bisa dipercaya dan dengan tenang mengedarkan dan memproses produksi yang massive dengan resmi.

Suatu saat jika petugas dari Dinas Kesehatan melakukan survei dan mendapati home industry tersebut membutuhkan beberapa alat. Hal ini guna menunjang pekerjaan maupun alat untuk efisiensi. Pihak Dinas Kesehatan akan memberikan aatau menyumbangkan alat penunjang industri yang diperlakukan tanpa memungut biaya.

Itulah cara mendapatkan izin dan manfaat mendapat izin edar usaha makanan di BPOM. Dengan mencantumkan kode PIRT, makanan dan minuman dapat lebih mudah dipasarkan dan akan lebih disukai konsumen. Hal tersebut bisa meningkatkan daya jual. Selain itu, juga berguna untuk menghindari sanksi administrasi lainnya. Jika Anda mengalami kendala dalam mengurus ini, cukup hubungi naeema-permit.com.

Cara mengurus BPOM sebenarnya sangat mudah, asalkan Anda tahu bagaimana langkah-langkahnya. Untuk memudahkannya, Anda bisa mengunjungi website kami di Naeema Permit untuk konsultasi, karena kami adalah penyedia layanan pengurusan izin edar usaha terpercaya.

Call Us/ WhatsApp: +62 858 8161 9077 atau +62 856 1968 508
Email Us: info@naeema-permit.com

Selain izin edar BPOM kami juga menerima jasa pengurus ijin  Halal, PIRT, SNI, KEMENKES dan KEMENTAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *